Aneka kuliner khas Bantul yang wajib anda coba,gambar aneka makanan khas Bantul,cara membuat makanan khas Bantul

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]



Sejarah Beer Jawa

Bir jawa adalah salah satu minuman tradisional Yogyakarta. Minuman ini sudah ada sejak Sri Sultan Hamengku Buwono VIII memerintah. Pada masa pemerintahannya (1921-1939), orang Belanda yang tinggal di Yogyakarta suka minum bir. Bir itu minuman beralkohol. Warnanya kuning dengan busa di atasnya. Orang Belanda dahulu minum bir tujuannya untuk menghangatkan badannya.
berawal dari minuman itu kemudian Sultan Hamengku Buwono VIII memiliki ide untuk membuat minuman penghangat badan, tapi tidak beralkohol. Itulah bir jawa . Seperti kita ketahui, rempah-rempah merupakan bahan jamu yang punya khasiat alami mengobati berbagai penyakit. Tak heran bila kita minum bir jawa , badan akan terasa segar. Anak-anak tidak akan dilarang minum beer Jawa ini.
Memang, minuman ini cuma dijual pada restoran tertentu. Yaitu restoran yang menyajikan makanan tradisional Yogyakarta atau makanan khas keraton. Harganya pasti lebih mahal dari minuman yang dijual di tukang angkringan. Tetapi, selagi berkunjung ke Yogyakarta, menikmati minuman kesukaan raja-raja Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]