Aneka kuliner khas Bantul yang wajib anda coba,gambar aneka makanan khas Bantul,cara membuat makanan khas Bantul

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]




1. Karangan,

Adalah semacam agar-agar yang dibuat secara tradisional oleh penduduk, berbeda dengan agar-agar pada umumnya karangan ini memiliki rasa sedikit asin dan agak amis terasa sekali tekstur dari rumput lautnya. Akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama, kethak, sambal parutan kelapa maupun bothok. Untuk mencicipi makanan unik ini bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional di wilayah Kretek, Bantul.

2. Peyek Tumpuk, makanan khas Bantul ini dinamakan Peyek Tumpuk karena bentuknya berbeda pada umumnya yang pipih, sedangkan peyek tumpuk ini berbentuk tidak beraturan hampir bulat sehingga kacang tanah menjadi bertumpuk-tumpuk

3. Bakmi Lethek, makanan ini adalah makanan khas Bantul yang terbuat dari tepung singkong (tapioka) yang cara pembuatannya masih dengan cara tradisional, Mie lethek memiliki corak warna yang keruh sehingga diberi nama lethek atau kusam

4. Kue Geplak, makanan mungil ini sudah menjadi ikon kuliner Kabupaten Bantul. Geplak terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir maupun gula jawa, sehingga memiliki citarasa yang manis.

5. Gudeg Manggarkuliner unik ini merupakan makanan khas Bantul, tepatnya dari daerah Mangir, Pajangan. Bahan utamanya adalah manggar, bunga pohon kelapa yang masih muda. Gudeg Manggar dimasak bersama potongan ayam kampung maupun telur ayam.

6. Sate Klatak,  menu wajib kuliner Bantul yang berada di Jejeran, Plered. Potongan daging Kambing muda yang telah dibumbui garam dibakar diatas arang, dan satu hal yang bikin kuliner satu ini unik yaitu alat tusuknya memakai jeruji sepeda dan disajikan bersama kuah gulai. Julukan klatak sendiri datang dari bunyi "klatak klatak" waktu daging menyentuh arang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]